10 Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat Dan Tradisional

Inilah Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat Dan Tradisional. Tetapi sebelumnya lebih baik Anda ketahui penyebab nyeri haid terlebih dahulu agar nantinya dapat melakukan tindakan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi pada saat menstruasi.

 

cara mengatasi nyeri haid dengan cepat dan tradisional

 

Banyak wanita mengalami sakit perut saat haid di hari pertama, dan banyak wanita tidak mengetahui penyebab nyeri pada saat haid datang. Untuk itulah berikut tips tradisional meredakan nyeri haid yang berlebihan dengan cepat tanpa obat yang harus wanita ketahui.

……tetapi sebelum mengetahui cara mengatasi nyeri haid, ada baiknya mengetahui lebih lanjut factor yang menjadi penyebab dari nyeri haid tersebut. Maka berikut penyebab nyeri haid yang sering wanita alami.

 

Penyebab Nyeri Haid Yang Sering Wanita Alami

 

Rasa nyeri yang banyak dirasakan wanita disaat menstruasi dapat menjadi indicator adanya penyakit atau kondisi tertentu.

Dan nyeri haid pada umumnya dirasakan wanita pada awal datang bulan (menstruasi). Pada sebagian wanita, rasa sakit dibagian bawah perut tidak begitu terasa sehingga mereka tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Namun sebagian wanita lain merasakan sakit atau nyeri yang berlebihan hingga tidak mampu melakukan apapun.

Sepanjang waktu terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim umumnya tidak begitu terasa. Tetapi disaat haid, kontraksi tersebut terjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut mengakibatan terjadinya penekanan terhadap pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehinga dapat memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Dengan ketiadaannya oksigen inilah faktor penyebab timbulnya rasa nyeri sebab disaat itu rahim melepaskan bahan kimia.

Dan rasa nyeri yang timbul akan semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia berupa prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain itu, postaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual dan juga diare, lemas dan sakit kepala yang diiringi dengan rasa nyeri. Dan dapat diduga sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah banyak sehingga lebih merasakan nyeri dibandingkan yang lain.

Akibat Penyakit Tertentu

Dismenore Primer merupakan rasa nyeri yang umum dialami para wanita pada sekita masa awal menstruasi. Sedangkan dismenore sekunder disebabkan oleh adanya kondisi atau gangguan pada sistem reproduksi wanita. Rasa nyeri akibat dismenore sekunder biasanya terjadi lebih awal daripada rasa nyeri saat menstruasi biasa dan berlangsung lebih lama.

Adapun gangguan yang menyebabkan dismenore sekunder dapat berupa :

Endometriosis : terjadi ketika sel-sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Sel ini menyebabkan rasa sakit yang hebat ketika meluruh.

Radang panggul : infeksi yang dapat diakibatkan inflamasi pada rahim, ovarium, dan tuba falopi.

Adenomiosis : jaringan lapisan paling dalam pada rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim sehingga menimbulkan rasa nyeri disaat menstruasi.

Adanya Fibroid : merupakan tumor yang tidak bersifat kanker yang terdapa pada dalam rahim

Intrauterine device (IUD) : kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim ini terkadang juga dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri disaat haid, terutama pada masa awal pemasangan.

Stenosis Leher Rahim : pembukaan pada leher rahim pada beberapa wanita sangat kecil sehingga membatasi aliran darah untuk keluar saat haid. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan pada rahim yang dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri.

Selain nyeri saat menstruasi, dismenore sekunder umumnya juga disertai gejala lain seperti menstruasi yang tidak teratur, keputihan kental dan berbau, pendarahan diantara masa haid, serta rasa nyeri saat melakukan hubungan intim.

Wanita Lebih Beresiko Mengalami Nyeri Haid

Terdapat sebagian wanita lebih beresiko mengalami nyeri haid karena beberapa hal berikut ini :

  • Volume menstruasi lebih banyak
  • Mengalami haid pertama sebelum usia 11 tahun
  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas
  • Belum pernah hamil
  • Sering mengkonsumsi alkohol dan merokok

Itulah diatas beberapa penyebab nyeri haid yang dapat dialami kaum wanita. Dan berikutnya cara meredakan nyeri haid yang perlu untuk diketahui, sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan sebelum datang masa haid.

Cara menghilangkan nyeri haid dibutuhkan bagi wanita, sebab tidak semua wanita merasa baik-baik saja saat mengalami haid. Terdapat pula beberapa wanita merasakan nyeri dan sakit yang luar biasa ketika datang bulan atau haid. Bahkan ada juga yang sampai harus opname atau masuk rumah sakit karena menstruasi. Karena itulah berikut cara mengatasi nyeri haid yang dapat dilakukan para kaum wanita.

Baca juga : Penyebab Vagina Becek Yang Harus Wanita Ketahui

 

10 Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat Dan Tradisional

 

cara menghilangkan nyeri haid

 

Meskipun tidak semua wanita merasakan nyeri di saat haid, penting untuk diketahui oleh para wanita cara menghilangkan nyeri haid. Agar tidak memerlukan penanganan dokter berikut cara menghilangkan nyeri haid yang dapat Anda lakukan sendiri.

  1. Dengan Berbaring

Apabila rasa nyeri muncul disaat haid, maka Anda dapat merebahkan tubuh terlebih dahulu dikasur ataupun sofa. Kebiasaan yang sering terjadi rasa nyeri timbul dibagian punggung sehingga dengan berbaring rasa nyeri dapat berkurang, atau bahkan hilang. Pergunakan bantal sebagai peyangga dan ambil nafas dalam dalam selanjutnya lepaskan. Anda lakukan secara berulangkali sampai Anda merasakan lebih nyaman.

  1. Lakukan Olahraga Dengan Teratur

Dengan melakukan olahraga ringan dapat mengurangi timbulnya rasa nyeri disaat haid. Adapun beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan diantaranya adalah ; berjalan, bersepeda, atau berenang. Lakukan beberapa olahraga ringan dengan rutin dan teratur.

  1. Kompres Dengan Air Hangat

Anda masukkan air hangat ke dalam botol, kemudian kompreskan pada perut maka dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri yang sedang terjadi. Dengan mengopres pada perut dapat membuat rileks dan otot-otot tidak menegang.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Berdasarkan studi, asam lemak omega 3, vitamin E, B6 dan B1, serta magnesium dapat meredakan nyeri haid. Untuk itulah hendaknya Anda konsumsi sayuran dan buah dengan aneka macam warna. Labu, ikan dan juga makanan lain yang banyak mengandung protein nabati.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok Dan Minuman Beralkohol

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol akan dapat memperburuk keadaan. So, hendaknya dihindari kebiasaan tersebut agar tidak mengalami nyeri disaat haid.

  1. Lakukan Relaksasi

Dengan memberi pijatan kecil pada perut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul. Anda juga dapat melakukan pilates dan yoga untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit yang sedang terjadi. Kegiatan relaksasi tersebut perlu dilakukan untuk menenangkan pikiran dari beban dan juga masalah yang ada yang kemungkinan dapat menambah rasa nyeri pada perut.

  1. Dengan Mandi Air Hangat

Cara mengatasi nyeri haid sederhana dapat dilakukan juga dengan mandi air hangat, sebab dengan mandi air hangat dapat membuat santai pada tubuh sehingga akan mengurangi rasa nyeri yang sedang terjadi.

  1. Dengan Minum Jamu

Banyak para kaum wanita, khususnya ibu-ibu mempercayakan kesehatan tubunya pada obat tradisional atau jamu, sebab terkadang jamu dapat mengatasi nyeri haid. Adapun bahan-bahan jamu untuk mengatasi nyeri haid diantaranya ; 15  – 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air putih. Anda campurkan bahan-bahan tersebut dengan merebusnya, sisakan air hingga setegah, saring ketika sudah dingin, dan minum dua kali sehari. Itulah cara mengatasi nyeri haid secara tradisional.

  1. Konsultasi Dengan Dokter

Apabila beberapa cara mengatasi nyeri diatas dirasa tidak mampu meredakan nyeri haid yang terjadi, maka tindakan bijak yang harus dilakukan adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter. Hal tersebut dilakukan untuk mendeteksi dini kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan apabila nyeri haid yang dialami berlebihan, sehingga mendapat penanganan secara tepat.

  1. Dengan Kapsul Ladyfem Herbal Boyke

Tetapi apabila Anda ingin mengatasi rasa nyeri itu sendiri, maka dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal berupa kapsul ladyfem.

 

ladyfem cara tradisional mengatasi nyeri menstruasi

 

PT. ABE GLOBAL memperkenalkan LadyFem! Ramuan herbal asli Indonesia yang hadir menjawab masalah kewanitaan, juga mampu menghilangkan nyeri haid. Khasiat utama LadyFem adalah mengembalikan sistem kerja organ intim wanita, menormalkan hormone, merapatkan dan membersihkan dinding rahim secara aman dan membuat aromanya harum dan segar.

Kandungan Alami Kapsul Ladyfem

Kandungan KAPSUL LADYFEM aman karena terbuat dari 100% bahan herbal asli Indonesia. Aman untuk dikonsumsi bahkan untuk orang yang tidak memiliki gangguan organ intim. Kandungan LadyFem di antaranya adalah :

  •     Punica Granatum Cartex (delima putih)
  •     Piper Betle Folim (daun sirih)
  •     Baesenbergia Pandurata Rhizoma (temu kunci)
  •     Kaempfria Galanga Rhizoma (kencur)
  •     Zingiber Offcinale Rhizoma (jahe merah)
  •     Curcuma Domestica Rhizoma (kunyit)
  •     Paraameria Laerigata Pericarpium (kayu rapet)

Keunggulan LadyFem

Dibandingkan produk sejenis di pasaran, LadyFem unggul karena 100% legal.  LadyFem 100% aman karena berasal dari tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat tinggi sebagai solusi kewanitaan, tidak ada efek samping. Kapsul LadyFem cukup praktis karena tinggal diminum sesuai aturan, untuk mengatasi berbagai keluhan kewanitaan termasuk dalam hal meredakan nyeri haid.

Legalitas

Produk LadyFem terdaftar resmi di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan Nomer Register: POM TR 093.301.381

Manfaat LadyFem

  1. Mengembalikan gairah wanita dalam hubungan suami istri
  2. Menambah kenikmatan dalam hubungan suami istri
  3. Merapatkan dan membersihkan dinding-dinding rahim dari dalam dengan cara aman
  4. Menjadikan organ kewanitaan berbau harum dan segar
  5. Mengatasi nyeri haid dan menormalkan siklus menstruasi
  6. Membuat organ menjadi lebih sensitif dan kesat
  7. Memperbaiki libido, menambah gairah dan mempercepat orgasme
  8. Dapat membantu kesuburan, mengatasi keputihan normal ataupun abnormal
  9. Memperlambat masa menopause serta bagus untuk terapi kista
  10. Bagus jika dikombinasikan dengan Tisu Manjakani dari Boyke & Co

Aturan Minum Kapsul LadyFem

  1. Pada minggu pertama: sehari 2x pagi dan malam (tiap minum 2 kapsul)
  2. Dan minggu selanjutnya: sehari 1x pagi/malam (tiap minum 2 kapsul)
  3. Peringatan: Tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui!

Harga LadyFem

Harga per box Rp. 240.000,- ditambah ongkos kirim. Dalam 1 box terdapat 30 kapsul. Harga tersebut masih harus ditambah ongkos kirim sesuai dengan ketetapan perusahaan expedisi JNE atau POS Indonesia.

Baca juga : Cara Merapatkan Vagina Yang Longgar Dengan Cepat Dan Alami

Demikian beberapa informasi mengenai Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat Dan Tradisional sekaligus penyebab nyeri haid semoga dapat dijadikan sedikit tambahan wawasan khususnya bagi kaum wanita. Terima kasih telah membaca bahasan singkat diatas dan semoga bermanfaat.

1 Komentar

  1. Nyeri haid? Waduh, rasanya sama sekali tidak nyaman. Saya pernah sekali mengalami hal itu. Akhirnya saya terpaksa periksa dokter dan diberi obat. Sejak itu, tak pernah terjadi.

    Tetapi, sejak itu saya juga berusaha memperbaiki cara hidup. Ya, setiap Minggu pagi jalan-jalan sama suami dan anak-anak. Selain rekreasi, juga biar badan ini sehat.

    Di rumah tiap hari olahraga ringan. Sit up, gerakkan kaki, badan, tangan, dsb. Pokoknya, fisik harus gerak. Terkadang, habis memasukkan pakaian kotor ke mesin cuci, lalu senam. Ya, sambil menunggu cucian rampung, lalu senam.

    Sejak itu, rasa nyeri saat haid tak muncul lagi. Oh, saya juga suka minum jamu sehat untuk wanita. Itu obat tradisional yang banyak dijual di kedai-kedai.

1 Trackback / Pingback

  1. 15 Cara Mengobati Kista Ovarium Secara Alami Tanpa Operasi - FOREDI - Website Resmi FOREDI Rekomendasi Boyke 100% Asli

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*